Saturday, 24 Sep 2022
  • Selamat datang di Website Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan

Tujuh Tahun Berdiri PKSLH Mencetak Kader-kader Berprestasi.

“Tujuh tahun sejak berdirinya PKSLH, puji syukur berhasil mencetak kader-kader yang berprestasi.” Kalimat ini disampaikan oleh Pembina PKSLH, Barkah Hadamean Harahap M.I.Kom., pada acara Sharing Session Pusat Kajian Studi Lingkungan Hidup (PKSLH) dengan tema, “Design Your Bright Future with PKSLH”. Kegiatan ini dilakukan melalui via zoom pada tanggal 5 Agustus 2022 pada pukul 20:30 WIB sampai 23:00 WIB. Alasan kegiatan ini dilakukan pada malam hari agar semua anggota PKSLH termasuk yang sedang melaksanakan KKL bisa mengikuti sharing session.

Kegiatan sharing session ini diikuti oleh 40 peserta mulai dari anggota resmi PKSLH dan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Universitas Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary (UIN SYAHADA) yang ingin bergabung menjadi anggota PKSLH. Kegiatan ini dibuka oleh MC, Leli Sopiani dengan antusias kemudian kata sambutan dari Ketua Umum PKSLH, Ilham Yunus Simbolon S.Sos, dimana beliau mengatakan, bangga dan berterimakasih kepada panitia yang telah mengadakan kegiatan ini, sehingga komunikasi dan silaturrahmi bisa terjalin antara anggota PKSLH baik yang telah menjadi alumni, anggota aktif dan mahasiswa yang ingin bergabung menjadi anggota resmi PKSLH.

Barkah Hadamean Harahap, M.I.Kom., juga menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kedepannya PKSLH kembali mengaungkan namanya dan kembali mencetak kader-kader berprestasi yang lebih banyak lagi.

Kegiatan sharing session ini juga diisi oleh beberapa pemateri, materi pertama disampaikan oleh Novi Yanti, S.Sos, selaku pendiri organisasi Pusat Kajian Studi Lingkungan Hidup. Beliau menyampaikan materi tentang sejarah berdirinya PKSLH. Beliau juga mengatakan bahwa PKSLH didirikan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang berlandaskan pada Q.S al-A’raaf ayat 56.

Materi laiinya disampaikan oleh Minal Pahri Sauri Nst, Asisten Projek Green Justice Indonesia (GJI). Beliau memberikan materi tentang green jobs atau pekerjaan ramah lingkungan yang berkelanjutan. Beliau mengatakan bahwa di abad 21 ini, pekerjaan di bidang lingkungan akan terus meningkat bahkan diprediksi pada tahun 2030 pekerjaan ini membutuhkan sekitar 1 juta tenaga kerja. Jadi hal ini merupakan sebuah peluang besar karena selain bisa menikmati passion, juga bisa mendapatkan income. Hal senada juga diungkapkan oleh Angga Yunus Simbolon S.Sos., Jurnalis INJI Warrior 2021. Beliau menceritakan bagaimana dirinya bisa menghasilkan pendapatan dari hobinya dan tentunya masih bisa ikut berperan dalam menjaga lingkungan.

Sementara Sofyan Noor, S.Sos, Ketua Umum PKSLH periode 2017 – 2019, menyampaikan materi  pentingnya berorganisasi, khususnya PKSLH. Beliau mengatakan dengan berorganisasi bukan hanya relasi saja yang didapatkan melainkan lebih dari itu, organisasi bisa melatih hard dan soft skill, membentuk karakter dan menambah wawasan lainnya yang tidak didapatkan dari bangku perkuliahan.

Selain pemberian materi, kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab yang berlangsung selama tiga puluh menit dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Post Terkait

0 Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KELUAR