Saturday, 24 Sep 2022
  • Selamat datang di Website Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan

Prodi MD IAIN Padangsidimpuan Gelar Silaturrahim dan Kajian Dakwah Islam

Padangsidimpuan, Program Studi Manajamen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK)     IAIN Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan silaturrahim dan Kajian Dakwah Islami (KDI) di Aula FDIK 25/04/22.

Acara dibuka oleh Dekan FDIK yang diwakili oleh Dr. Sholeh Fikri, M.Ag selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dan diikuti  langsung oleh mahasiswa MD.  Tema yang dipilih pada   acara ini tentang “Ramadhan dan Millenial”.  Kegiatan ini dilakukan dengan mengundang dua Narasumber sekaligus. Narasumber pertama Fithri Choirunnisa Siregar, M.Psi selaku Ketua Prodi Manajemen Dakwah yang dalam kesempatan ini membahas tentang Ramadhan dan Millenial dari segi Psikologi dan Narasumber kedua Esli Zuraidah Siregar, M.Sos membahas Ramadhan dan Millenial dari sisi Keislamannya.

Andi Gunawan sebagai ketua panitia KDI menyampaikan “kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud     untuk memperkuat ukhuwah antara sesama mahasiswa sebagai generasi milenial, menambah  wawasan  keilmuan dan menambah kecintaan kepada ilmu agama Islam, sekaligus ajang  latihan dalam pengembangan diri terutama dalam bidang Manajemen Dakwah.

Fithri Choirunnisa Siregar yang didaulat menjadi narasumber pertama, mengatakan bahwa pandemi yang perlahan berakhir telah mengembalikan kegiatan Ramadhan mulai normal  termasuk aktifitas buka bersama yang banyak dilakukan milenial saat Ramadhan. “Bukber” yang dilakukan merupakan aktifitas social yang harus tetap memperhatikan kewajiban ibadah, tidak lalai dan tidak berlebihan. Selain itu dalam ceramahnya ia juga menghimbau agar mahasiswa MD lebih kreatif  dan inovatif        tetapi tetap secara positif dalam memanfaatkan perkembangan dunia teknologi komunikasi dan informasi saat ini.  Esli Zuraidah Siregar, M.Sos sebagai narasumber kedua menyampaikan, bahwa bulan Ramadhan adalah  bulan meningkatkan ibadah secara Vertical maupun Horizontal (Hablumminallah dan Hablumminannas). Hal itu diwujudkan melalui berpuasa, sholat tarawih, tilawah Qur’an, bersedekah dan menyambung silaturrahim. Selain itu beliau juga mengingatkan  untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dengan jalan memperkuat nilai ibadah selama bulan suci Ramadan ini. Ia berpesan “seharusnya tahun ini kita harus lebih banyak bersyukur dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, dikarenakan Wabah Covid-19 yang Alhamdulillah sudah berkurang dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk itu, Penguatan diri dengan ibadah harus senantiasa menjadi perhatian, karena dengan itu kita akan semakin  dekat dengan sang pencipta tanpa melupakan hubungan silaturrahim dengan sesama” pungkasnya.

Foto Bersama setelah selesai acara

Post Terkait

2 Komentar

Ahmad Najib Matondang, Wednesday, 20 Apr 2022

Mantapp

Reply
    Humas FDIK, Tuesday, 26 Apr 2022

    iya dekkk…. Praktek membuat kita benar, Pengulangan membuat kita sempurna

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KELUAR