Thursday, 08 Dec 2022
  • Selamat datang di Website Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

DOSEN FDIK SUMBANGKAN BUKU KE PUSTAKA FAKULTAS

DOSEN FDIK SUMBANGKAN BUKU KE PUSTAKA FAKULTAS

FDIK, UIN SYAHADA—— Buku terbaru yang fokus mengkaji Integrasi Ilmu Dakwah dan Socialwork telah hadir di Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Kamis (22/9/2022).

Pengelola perpustakaan fakultas FDIK UIN Syahada, Canra Simamora, M.Pd.I., mengucapkan terima kasih atas sumbangan buku tersebut. “Buku ini menambah koleksi kita di perpustakaan fakultas. Kami akan menyalurkan buku ini sehingga bias dibaca dan dipinjam oleh mahasiswa,” ujar dosen tetap Prodi Bimbingan Konseling Islam itu.

Bagi penulisnya, lanjut ayah dua anak itu, buku ini hendaknya mendatangkan amal ibadah yang terus mengalir dunia dan akhirat. “Semoga nanti buku ini dimanfaatkan dan terjaga oleh pemustaka,” tutupnya.

Penulis buku integrasi Ilmu Dakwah dan Socialwork, Icol Dianto menjelaskan bahwa buku tersebut merupakan konversi dari disertasinya. Pak Icol, begitu sahabat memanggilnya, menjelaskan bahwa buku tersebut dapat dijadikan sebagai “gerbang utama” untuk melakukan kajian dan penelitian tentang integrasi Ilmu Dakwah dengan Socialwork.

Ada beberapa indikator penting dalam buku tersebut, yaitu sejarah dakwah sebagai sebuah disiplin ilmu dan institusi pendidikan tinggi, sejarah integrasi Ilmu Dakwah dengan Socialwork, dan perkembangan Socialwork sehingga membentuk Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam dan Prodi Kesejahteraan Sosial di Perguruan Tinggi Islam di Indonesia.

“Kajian Ilmu Dakwah sudah berusia 70 tahunan di Indonesia, telah banyak sejarah keilmuan ini namun tidak semua terdokumentasikan dengan baik, terutama melalui karya ilmiah. Kini dirasakan banyak mahasiswa yang mendalami Dakwah studies di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDIK, sebutan lain) yang tidak mengenali dan paham, sehingga dakwah studies ini makin mendapatkan “guncangan” di tengah arus perkembangan ilmu yang makin transdisiplin,” ungkapnya.

Jika dinamika sejarah yang panjang itu tidak diteiliti dan dipublikasikan, maka tidak menutup kemungkinan Ilmu Dakwah makin tertinggal dan kehilangan arahnya. Apalagi, Dakwah studies itu sebagai Ilmu Sosial yang didasarkan pada Islamic perspective, yang mesti dinamis dan mampu merespon perubahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Dosen Dakwah Dr. Icol Dianto, S.Sos.I., M.Kom.I / Penulis langsung menyerahkan buku

Akhirnya, dengan hadirnya buku Integrasi Ilmu Dakwah dan Socialwork di Perpustakaan FDIK UIN Syahada dapat dijadikan pedoman dalam memahami dakwah studies, pembuka wacana dan penggugat kegelisahan akademis dosen dan mahasiswa dakwah studies.

Buku integrasi ilmu adalah ditulis oleh Dr. Icol Dianto, S.Sos.I., M.Kom.I., dosen tetap Program studi Pengembangan Masyarakat Islam (Prodi PMI). Dia merupakan lulusan S3 Pengkajian Islam dengan konsentrasi Dakwah, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2019-2022 dengan Program Beasiswa 5000 Doktor dalam Negeri Kementerian Agama Republik Indonesia. ***

Post Terkait

0 Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KELUAR
Dominoqq Bonanza88 Gacor88 Pragmatic88 PKV Games Slot777 Slot5000 SBOBET Slot Pulsa Slot Pulsa Slot Pulsa