Pembinaan soft skillss Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam

Bentuk Kegiatan: Berbagai bentuk kegiatan pembinaan softskills seperti peningkatan public-speaking skills, networking skills, dan team working skills.

Pelaksanaan: Tujuan melakukan kegiatan pembinaan softskills ini adalah agar mahasiswa nantinya memiliki keseimbangan antara hardskills dan softskills yang tentu saja akan sangat bermanfaat bagi pengembangan diriny Aktivitas- aktivitas softskills sering dilaksanakan oleh dosen pengampu, baik di dalam maupun di luar kelas. Aktivitas-aktivitas tersebut salah satunya berupa kesempatan untuk mahasiswa untuk mempresentasikan tugas-tugas mingguan dengan bahasa dan teknik yang menarik (public-speaking skills), atau tugas berkelompok untuk membahas suatu kasus dalam dunia bisnis (networking dan team working skills). Kegiatan pembinaan softskills juga sering dilakukan di luar kelas, baik oleh pihak fakultas maupun lembaga mahasiswa, antara lain adalah kegiatan seminar pengembangan masyarakat, pelatihan kepemimpinan dan tim kerja, keterlibatan mahasiswa dalam segala kepanitiaan kegiatan yang diselenggarakan di Program Studi Bimbingan Konseling Islam. Sedangkan kemampuan softskills yang dapat diasah antara lain kedisiplinan, kerjasama dalam tim, manajemen waktu, kreativitas dan inovasi, tanggungjawab, kepemimpinan, dan sebagainya. Beberapa kegiatan untuk mendukung aktifitas ini maka mahasiswa bisa berpartisipasi dalam:

  • Ma’had jamiah
  • Kegiatan Character Building
  • Pembinaan Kepribadian Mahasiswa/i di Mesjid Kampus IAIN Padangsidimpuan
  • Praktek Tahsin yang dilanjutkan dengan Tashih al-Qur’an dan Tahfizh al-Qur’an, yang dilaksanakan di Program Studi BKI dimulai tahun 2012 sampai sekarang
  • Kegiatan Desa Dakwah

Hasil:Mahasiswa memiliki nilai lebih dan daya saing yang baik di masyarakat dan dunia kerja, yang ditunjukkan dalam berbagai keterlibatan mahasiswa dikepanitiaan semasa kuliah maupun setelah mereka menjad ialumni.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *