(Padangsidimpuan, 12/09/2020) Sebanyak 131 mahasiswa Baru T.A 2020/2021 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dari total 1620 mahasiswa baru IAIN Padangsidimpuan mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada hari Jum’at, 11 September 2020 yang dilaksanakan di Gedung AULA Lantai III FDIK IAIN Padangsidimpuan dan dihadiri oleh Dekan bersama segenap Civitas Akademika FDIK.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, tanggal 10-12 September 2020 ini, oleh Panitia PBAK IAIN Padangsidimpuan menetapkan jadwal dengan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa baru untuk ta’aruf bersama civitas akademika di fakultas masing-masing.

11/09/2020. Dekan menyampaikan materi PBAK Mhs Baru FDIK. Dokumentasi Subbag AUK FDIK IAIN Padangsidimpuan

Dalam kegiatan ini Dr. Ali Sati, M.Ag, Dekan FDIK IAIN Padangsidimpuan sebagai narasumber menyampaikan bahwa FDIK IAIN Padangsidimuan merupakan salah satu Fakultas di IAIN Padangsidimpuan yang dulunya sebagai salah satu Jurusan saat Perguruan Tinggi ini berstatus STAIN Padangsidimpuan. Namun sejak tahun 2013 berubah menjadi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan.

FDIK memiliki visi dan misi yang menjadi arah, cita-cita dan impian serta tujuan yang mesti  dicapai. Adapun visinya adalah:

Unggul dalam pengembangan ilmu dakwah dan ilmu komunikasi berbasis ICT dan kearifan lokal di Indonesia pada tahun 2024 untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan keilmuan, keislaman dan keindonesiaan.”

Melaksanakan pendidikan dan pengajaran Ilmu Dakwah dan Komunikasi yang unggul dan integratif-interkonektif berbasis ICT dan Kearifan Lokal.

  1. Mengembangkan penelitian di bidang Ilmu Dakwah dan Komunikasi berbasis nilai-nilai historis dan budaya lokal.
  2. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang dakwah Islam.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam rangka optimalisasi pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  4. Melakukan pembinaan akhlak, kreatifitas dan life skill mahasiswa agar menjadi teladan serta berprestasi dalam kehidupan bermasyarakat
  5. Menjamin mutu lulusan dan tata kelola yang baik.

Dekan juga menyampaikan untuk pencapaian visi dan misi tersebut, maka semua pihak harus bekerja sama, bekerja keras, bahu membahu, baik civitas akademika, mahasiswa maupun stakeholder lainnya. Mahasiswa harus benar-benar memiliki semangat, ketekunan, disiplin, berikhtiyar mencapai cita-cita. Mahasiwa FDIK harus menjadi orang yang “is the best”, orang yang beruntung bagi dirinya sendiri dan menyebarkan keberuntungan itu kepada orang lain. Sesuai dengan motto FDIK is the best tersebut, maka mahasiswa FDIK dituntut harus mampu memahami dan mengamalkan Firman Allah SWT QS. Ali Imran ayat 104; yakni menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah/melarang dari yang munkar”. Demikian ujarnya.

Juga dalam kesempatan ini Dr. Mohd. Rofiq, M,A, Wakil Dekan Bidang Akademik menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa harus belajar sungguh-sungguh, jangan hanya semata-mata merasa cukup dengan apa yang disampaikan dosen tetapi harus mencari, berkreasi dan tingkatkan semangat belajar mandiri, karena kuliah itu sistemnya berbeda dengan  belajar ditingkat SMA. “Diantara sistem  perkuliahan di FDIK IAIN Padangsidimpuan adalah pertemuan wajib 75%, proses pembelajaran dievaluasi melalui kehadiran, sikap, tugas terstruktur, tugas mandiri, ujian tengah semester dan ujian akhir semester”. Ungkapnya.

Sejalan juga dengan harapan Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag, Wakil Dekan bidang AUPK bahwa mahasiswa harus menjaga ketekunan dan kedisiplinan agar mampu menyeimbangkan hablumminalloh dan hablumminannas. Katanya.

Demikian pula Maslina Daulay, M.A, Ketua Program Studi Bimbingan Konseling Islam menyampaikan nasehatnya,  bahwa untuk mencapai suskses itu harus tetap ingat orangtua dan ingat tujuan kuliah yang mesti dicapai. Kemudian jika seorang mahasiswa menemukan masalah  dalam proses perkuliahannya, maka berkonsultasilah dan mintalah bimbingan dari ketua prodi selaku wali kelas mahasiswa di kampus. Katanya.

Akhirnya segenap Civitas akademika FDIK IAIN Padangsidimpuan sama-sama mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru T.A 2020/2021, sebagaimana yang disampaikan oleh Kabag TU, Hidayaturrahman, S.Sos. (fdik)

 

This Post Has One Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *