FDIK  IAIN PADANGSIDIMPUAN AJUKAN  AKREDITASI  DUA  JURUSAN

PADANGSIDIMPUAN, AL-IRSYAD— Dua jurusan di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) IAIN Padangsidimpuan sedang dalam proses akreditasi. Dua jurusan itu adalah Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam dan Jurusan Manajemen Dakwah.

Wakil Dekan I Bidang Akdemik Dr. Sholeh Fikri, M.Ag menjelaskan ada beberapa tahapan untuk menghadapi akreditasi. Pertama, menyiapkan semua data-data terkait dari Standar 1 sampai Standar 8, setelah data disiapkan, lalu dilakukan pengisian borang akreditasi, mendatangkan asesor pendamping untuk membaca borang, memperbaiki sesuai saran asesor, mengirim dokumen ke asesor pendamping, lalu setelah itu barulah data borang dikirim ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Berkat kerja keras tim dan civitas akademika FDIK dan saran dari asesor pendamping kita, Dr. Ilyas Supena, M.Ag dari UIN Walisongo Semarang, Insya Allah, kita optimis mendapatkan nilai B,” ujar Sholeh Fikri.

Ia melanjutkan, selanjutnya pengiriman buku dan softcopy borang ke BAN-PT yang dilakukan pada 28 Oktober 2016. Setelah pengiriman borang ke BAN-PT barulah pihak fakultas menunggu kedatangan tim asesor ke FDIK. “Kita sambut dengan senang hati tim asesor dan berkat kerjasama tim dan civitas, kita yakin meraih akreditasi B,” sebutnya.

Dr. Sholeh Fikri meminta dukungan dan doa semua civitas dan membantu untuk menyukseskan akreditasi tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Selain itu, pada tahun 2017 mendatang, FDIK berencana mengajukan reakreditasi bagi jurusan Bimbingan Konseling Islam yang kini telah terakreditasi B. Ia menegaskan, bagusnya akreditasi suatu jurusan maka hal itu melambangkan bagusnya jurusan, termasuk kualitas dosen dan mahasiswanya juga bagus. (red).

 

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Fauziah Nasution, M.Ag menyerahkan cindra mata kepada asesor pendamping, Dr. Ilyas Supena, M.Ag saat kunjungan ke FDIK, Rabu, 5 Oktober 2016. Turut menyaksikan WD 1 Dr. Sholeh Fikri, WD 2 Kamaluddin, M.Ag dan WD 3 Fauzi Rizal, MA.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *