Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK)  adalah satu dari empat Fakultas yang ada di Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Fakultas ini berasal dari Jurusan Dakwah Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan yang dibuka pada tahun 1997 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1997 tanggal 21 Maret 1997 dan Keputusan Menteri Agama Nomor 300 tahun 1997 serta Nomor 333 tahun 1997 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Pada awalnya Jurusan ini hanya membina satu Program Studi yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) berdasarkan SK Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Islam dengan nomor: Dj.II/107/Tahun 2002.

Seiring dengan peralihan status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan berdasarkan Peraturan Presiden nomor 52 Tahun 2013 tentang Perubahan Status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan menjadi Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan dan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Padangsidimpuan, maka Jurusan dakwah juga turut beralih status menjadi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan dengan membina empat Program Studi, yaitu; Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Dua Program Studi terakhir merupakan dua Prodi baru dan mulai menerima mahasiswa pada Tahun Akademik 2014/2015.

Demikian perjalanan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) IAIN Padangsidimpuan telah berusaha mengembangkan diri dan tetap konsekwen untuk peningkatan mutu akademik, kelembagaan dan alumni di masa yang akan datang. Semoga FDIK sebagai bahagian dari IAIN Padangsidimpuan memberikan konstribusi dalam menuju alih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Padangsidimpuan.